Apa Itu Street Photography?

Sering melihat banyak anak-anak muda atau bahkan anak-anak memegang kamera di tempat umum meskipun tidak ada momen khusus yang harus diabadikan? Sering melihat orang yang sengaja berdiri diam di keramaian umum dengan membawa kamera? Apa sebenarnya yang mereka lakukan?

Kenali Apa Itu Street Photography

Saat ini, street photography atau yang bisa juga disebut fotografi jalan sedang menjadi trend di berbagai kalangan masyarakat. Apa sih sebenarnya street photography itu?

Definisi dari street photography (fotografi jalanan) sendiri adalah salah satu aliran fotografi yang objeknya diambil di ruang terbuka (jalanan) dengan kondisi objek tidak diarahkan (candid).  Street Photography jauh dari kesan dibuat-buat dan berlebihan. Objek yang diambil dalam aliran street photography adalah alami, apa adanya, yang mencerminkan keseharian makhluk hidup beraktivitas. Aliran street photography biasanya lebih disukai oleh fotografer yang memiliki ciri khas foto simple dan berkonsep ringan. Secara umum, street photography banyak digunakan untuk keperluan jurnalistik, keperluan untuk membuat laporan, berita, atau dokumentasi secara real.

Seiring dengan berjalannya waktu, ruang lingkup lokasi street photography diambil juga berkembang, yang tadinya hanya berkisar pada jalanan umum, sekarang meluas menjadi ruang publik. Termasuk di dalam ruang public adalah toko-toko, restoran, suasana di dalam alat transportasi umum, sampai ke tempat hiburan.

Di bidang fotografi secara spesifik, street photography juga sering diterapkan, seperti di dalam dunia pre wedding foto, Pada umumnya pasangan yang lebih memilih street photography sebagai konsep pre wedding fotonya adalah pasangan yang memiliki style simple dan minimalist. Bagi perempuan yang kurang menyukai baju-baju heboh atau gaun yang super besar, street photography adalah pilihan yang tepat. Selain dari segi wardrobe yang simple, pre wedding dengan konsep street fotografi juga akan jauh terlihat lebih alami, lebih santai, dan tidak diarahkan pose secara khusus. Mood yang ditangkap oleh kamera juga biasanya lebih dalam dan natural. Dari segi properti maupun makeup juga jauh lebih simple. Dengan konsep street photography, sesi pre wedding foto akan jauh lebih menyenangkan karena bisa dilakukan sambil jalan-jalan.

Sumber: https://thephotograph.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s